Back
HomeJENJANG SEKOLAH

TK Islam Daarul Ilmi Depok

Untuk pembelajaran di TK Islam Daarul Ilmi Depok, integrasi kurikulum nasional dan kurikulum diniyah dimungkinkan dengan penggunaan tema dan sistem integrasi dalam proses pembelajaran (integrated-tematic curriculum system).

Program Unggulan Sekolah
• Tahfidzul Qur’an TK Islam Daarul Ilmi Depok 2 juz
• Praktik ibadah
• Integrasi pembelajaran di sekolah dan di rumah
• Parenting session untuk mengevaluasi pencapaian
perkembangan anak
• Story telling
• Evaluasi berkala mengenai profil minat, dan bakat
• Pembentukan karakter dan akhlak yang mulia
• Bahasa Arab

Target Kelulusan
1. Berkembangnya sensorimotorik (kasar dan halus), sosial kemandirian,
komunikasi, kognitif, pengendalian emosi, adab dan akhlak Islami
2. Hafal 144 kosakata bahasa Arab sederhana
3. Mampu mempraktekkan adab dan akhlak Islami sehari-hari
4. Hafal AlQuran AlKarim minimal 2 Juz
5. Mampu mengenali gerakan wudhu dan sholat
6. Hafal 36 do’a dan dzikir sehari-hari yang sesuai sunnah

Waktu Belajar di TK Islam Daarul Ilmi Depok
Senin s.d. Jum'at, pukul: 07.00-10.30 WIB.

Alamat Sekolah
Kampung Parung Serap, RT/RW: 007/003, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat 16412.

Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

Visi Sekolah
Menjadi sekolah bermanhaj ahlussunnah yang menjadi rujukan dalam menghasilkan generasi yang shalih, cerdas, terampil, dan mandiri.

Misi Sekolah
• Membentuk kepribadian muslim yang shahih, kuat, dan berakhlak mulia dengan pemahaman salafush shalih.
• Mengembangkan kecerdasan majemuk dan keterampilan hidup (essential life skills) bagi peserta didik sesuai dengan tahap perkembangan dan potensi dalam diri mereka.
• Mewujudkan sekolah yang ramah anak dan dalam koridor syari’at Islam yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Tujuan Sekolah
• Membentuk kepribadian anak yang sahih dan berakidah shahih dengan pembiasaan adab dan akhlak Islami serta sunnah sehari-hari dengan landasan pemahaman akidah yang shahih.
• Mengidentifikasi dan mengembangkan potensi kecerdasan majemuk anak sesuai tahap perkembangan fisik, mental, dan psikologis.
• Membantu anak mengenali diri sendiri, kemampuan, kelebihan, dan kelemahannya agar mampu bersikap bijak pada diri sendiri, terbentuk self control, kemampuan adaptasi terhadap keadaan penuh tekanan (stress) dan engaged learning.
• Membantu anak berpikir kritis, logis, inovatif, kreatif, berani mengambil tantangan, bertanggung jawab (amanah) dan fokus, dalam bingkai iman dan aqidah yang shahih.
• Membantu anak dalam mengembangkan potensi dan kapasitas diri dan sekaligus mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, menjalin hubungan dan bermuamalah dengan manusia dengan didasari akhlaqul karimah.

KURIKULUM

Kurikulum TK Islam Daarul Ilmi Depok terdiri dari tiga komponen, yakni kurikulum umum, diniyah, dan Al-Qur’an. Kurikulum umum mengacu pada Kurikulum Nasional yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan psikologi perkembangan anak. Kurikulum diniyah disusun dan diaplikasikan secara independen, dan juga secara simultan yang dimasukkan dalam muatan kurikulum umum (baik bahasa, sosial maupun sains) untuk menanamkan manhaj ahlussunah dalam aqidah, ibadah, akhlak, dan muamalah sejak dini.

Kurikulum Al-Qur’an terdiri dari 2 komponen, yakni: tahfidzul Qur’an dan tilawatul Qur’an. Tahfidzul Qur’an menggunakan metode talqin individu dengan target satu juz dalam satu tahun, dan secara bertahap berpindah ke metode tasmi’ seiring dengan meningkatnya kemampuan membaca Al-Qur’an (tilawatul Qur’an).

Dalam kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran yang di gunakan melibatkan sensori (sensory engagement), bermain peran (roleplaying), bercerita (story telling), pemecahan masalah (problem solving) dan talqin/hafalan.

Metode pembelajaran tersebut berorientasi pada proses pembelajaran aktif, ramah anak dan menyenangkan sehingga diharapkan mampu memberi pembekalan keterampilan hidup yang penting (essen tial life skills), terutama dalam membekali, membentengi, dan mengarahkan anak sejak dini untuk mampu bersaing di era globalisasi. Experimental learning dan observation method digunakan sebagai pelengkap dalam metode pembelajaran berbasis eksperimen, riset dan observasi/pengamatan, terutama terkait dengan ilmu pengetahuan
alam.

Selama proses pembelajaran baik didalam maupun di luar kelas, guru dituntut untuk menjadi panutan (role model) agar anak didik lebih memahami esensi pembelajaran, dan tentu saja aplikasi yang seharusnya, baik dalam aqidah, akhlak, ibadah dan muamalah sehari-hari. Outing class juga dilakukan seperti kunjungan ke rumah yatim piatu, panti jompo, rumah industri, peternakan, perkebunan/pertanian dan sebagainya. Semua ini dilakukan dalam rangka menginternalisasi nilai-nilai kehidupan dalam diri anak.

TENAGA PENDIDIK

Staf pendidik di Sekolah Islam Daarul Ilmi adalah pendidik pilihan, berkomitmen, kompeten, penyabar,
dan berdedikasi dalam membina dan mendidik anak sesuai kurikulum pendidikan yang digunakan dan memiliki akhlakul karimah, seperti lulusan dari perguruan tinggi terkemuka (UI, IPB, UGM,UNNES, UNY, UNSRI, UNJ, UMJ, UPI-Bandung, dan,lainnya), LIPIA, dan dari pondok pesantren bermanhaj ahlus sunnah (Ibnu Taimiyah, Ihya-us
Sunnah, Hidayatunnajah, dan lainnya).

PROGRAM SEKOLAH

Program Harian

Program Pekanan

Program Bulanan
Outing class
Cooking Class
Yaumu Tahaadu
Kegiatan pengamatan
dan Sains
Berkebun dan green
living,Field Trip
Renang
Pemeriksaan kesehatan
Panggung ceria
Parenting Class
Project with parent
Bank sampah sekolah

Program Tahunan
Outbound
Family gathering
Market (business) day