text-on-shelf-256417

TENTANG

Setiap anak telah dibekali oleh Allah Ta’ala dengan kecerdasan majemuk yang menjadikannya mampu bertahan hidup dalam rangka menggapai ridha Rabb-nya. Kecerdasan tersebut perlu terus diasah dan dilengkapi dengan berbagai keterampilan hidup dasar (essential life skills) sehingga anak mampu beradaptasi secara dinamis dalam lingkungan yang beragam, dan tetap persisten dengan syariat Islam.

Alhamdulillah, dengan niat untuk ikut menjaga amanah dari Allah Ta’ala tersebut, dengan seizin Allah Ta’ala, kami, Sekolah Islam Daarul Ilmi Depok, mendirikan SD Islam Daarul Ilmi Depok pada tahun ajaran 2014/2015 dan TK Islam Daarul Ilmi Depok pada tahun ajaran 2015/2016. Pada tahun ajaran 2018/2019, Sekolah Islam Daarul Ilmi Depok membuka Kelompok Bermain (KB). Serta pada tahun ajaran 2019/2020, Sekolah Islam Daarul Ilmi Depok membuka SMP sebagai tingkat lanjutan dari sekolah yang berkesinambungan dari sejak usia dini hingga remaja kemudian dewasa.

Sekolah Islam Daarul Ilmi Depok, senantiasa mengupayakan proses pembelajaran yang nyaman, ramah anak serta memahami potensi individu anak yang unik berdasarkan tahapan perkembangan anak sehingga diharapkan dapat membimbing anak mencapai tahap perkembangan multiple intelligences yang optimal. Proses pembelajaran ini didukung dengan tenaga pengajar berkualitas secara intelektualitas dan mentalitas-spiritualitas yang berfungsi sebagai sahabat anak, pendidik, fasilitator dan guru, juga menyediakan lingkungan yang nyaman serta fasilitas pembelajaran yang efektif, sehingga diharapkan mampu mengasah kecerdasan majemuk pada anak dan menanamkan keterampilan hidup (essential life skills) yang dibutuhkan anak ketika dewasa kelak.

Semua tahapan pembelajaran dan esensi materi dibingkai dalam koridor syari’at Islam yang rahmatan lil ‘alamin, berdasarkan metode pembelajaran yang diajarkan dan dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan telah dipraktekkan oleh salafunash-shalih.

alphabet-class-conceptual-cube-301926

TUJUAN

  1. Membentuk kepribadian anak yang sahih dan berakidah shahih dengan pembiasaan adab dan akhlak Islami serta sunnah sehari-hari dengan landasan pemahaman akidah yang shahih.
  2. Mengidentifikasi dan mengembangkan potensi kecerdasan majemuk anak sesuai tahap perkembangan fisik, mental, dan psikologis.
  3. Membantu anak mengenali diri sendiri, kemampuan, kelebihan, dan kelemahannya agar mampu bersikap bijak pada diri sendiri, terbentuk self control, kemampuan adaptasi terhadap keadaan penuh tekanan (stress) dan engaged learning.
  4. Membantu anak berpikir kritis, logis, inovatif, kreatif, berani mengambil tantangan, bertanggung jawab (amanah) dan fokus, dalam bingkai iman dan aqidah yang shahih.
  5. Membantu anak dalam mengembangkan potensi dan kapasitas diri dan sekaligus mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, menjalin hubungan dan bermuamalah dengan manusia dengan didasari akhlaqul karimah.