SD Islam Daarul Ilmi
Mencetak Generasi Alim, Cerdas, Terampil, Inovatif, Visioner & Penuh Empati (ACTIVE) untuk Masa Depan
FILOSOFI SEKOLAH
CERDAS
Menekankan pentingnya pengembangan kemampuan kognitif anak, seperti berpikir kritis, memecahkan masalah, dan kreativitas.
INTERAKTIF
Mengutamakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, sehingga anak-anak dapat berinteraksi dengan lingkungan dan teman-temannya.
ALIM
Tidak hanya sebatas memahami teori, tetapi siswa/i juga mengaplikasikan pengetahuan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.
VISIONER
Menjadi pribadi yang penuh arah, terinspirasi, dan terarah seperti Rasulullah Shalallahu’alaihi wassalam
AKHLAQ MULIA
Membentuk karakter yang baik, seperti jujur, disiplin, sopan santun, dan bertanggung jawab.
TERAMPIL
Meningkatkan kapabilitas diri melalui kebiasaan baik adalah langkah penting untuk berkembang.
PROFILE SEKOLAH
Profile SD Islam Daarul Ilmi
Profile
Untuk pembelajaran di SD Islam Daarul Ilmi Depok, integrasi kurikulum nasional dan kurikulum diniyah dimungkinkan dengan aplikasi metode pembelajaran yang sentra dan tematik dengan sistem role playing, cooperative integrated reading and composition (CIRC), drill dan active learning yang berorientasi pada proses pembelajaran aktif, ramah dan menyenangkan
Visi & Misi
Visi Sekolah
Menjadi sekolah bermanhaj ahlussunnah yang menjadi rujukan dalam menghasilkan generasi yang shalih, cerdas, terampil, dan mandiri.
Misi Sekolah
- Membentuk kepribadian muslim yang shahih, kuat, dan berakhlak mulia dengan pemahaman salafush shalih.
- Mengembangkan kecerdasan majemuk dan keterampilan hidup (essential life skills) bagi peserta didik sesuai dengan tahap perkembangan dan potensi dalam diri mereka.
- Mewujudkan sekolah yang ramah anak dan dalam koridor syari’at Islam yang sesuai dengan kebutuhan zaman.
Tujuan Sekolah
- Membentuk kepribadian anak yang sahih dan berakidah shahih dengan pembiasaan adab dan akhlak Islami serta sunnah sehari-hari dengan landasan pemahaman akidah yang shahih.
- Mengidentifikasi dan mengembangkan potensi kecerdasan majemuk anak sesuai tahap perkembangan fisik, mental, dan psikologis.
- Membantu anak mengenali diri sendiri, kemampuan, kelebihan, dan kelemahannya agar mampu bersikap bijak pada diri sendiri, terbentuk self control, kemampuan adaptasi terhadap keadaan penuh tekanan (stress) dan engaged learning.
- Membantu anak berpikir kritis, logis, inovatif, kreatif, berani mengambil tantangan, bertanggung jawab (amanah) dan fokus, dalam bingkai iman dan aqidah yang shahih.
- Membantu anak dalam mengembangkan potensi dan kapasitas diri dan sekaligus mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, menjalin hubungan dan bermuamalah dengan manusia dengan didasari akhlaqul karimah
Program Unggulan
- Tahfidzul Qur’an TK Islam Daarul Ilmi Depok 3 juz
- Praktik ibadah
- Integrasi pembelajaran di sekolah dan di rumah
- Parenting session untuk mengevaluasi pencapaianperkembangan anak
- Story telling
- Evaluasi berkala mengenai profil minat, dan bakat
- Pembentukan karakter dan akhlak yang mulia
- Bahasa Arab
Target Kelulusan
- Mampu melakukan praktek ibadah (thaharah, adzaniqamah, shalat, puasa dan zakat)
- Mampu berbicara dengan bahasa Arab sederhana
- Mampu membaca AlQur’an AlKarim dengan baik dan benar
- Hafal AlQuran AlKarim minimal 3 Juz
- Hafal 72 do’a dan dzikir sehari – hari yang sesuai sunnah
- Berkembang kemampuan berhitung (Matematika), berbahasa (Bahasa Indonesia dan Arab), wawasan pengetahuan (IPA, IPS)
Kurikulum
Kurikulum SD Islam Daarul Ilmi Depok terdiri dari tiga komponen utama, yaitu kurikulum umum, diniyah, dan Al-Qur’an. Kurikulum umum mengacu pada Kurikulum Nasional, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013, yang disesuaikan dengan psikologi perkembangan anak.
Kurikulum diniyah disusun dan diaplikasikan secara independen serta secara simultan dimasukkan dalam muatan kurikulum umum (termasuk bahasa, sosial, dan sains), dengan tujuan untuk menanamkan manhaj Ahlussunah dalam aqidah, ibadah, akhlak, dan muamalah sejak dini.
Kurikulum Al-Qur’an terdiri dari dua komponen utama, yaitu tahfidzul Qur’an dan tilawatul Qur’an. Tahfidzul Qur’an menggunakan metode talqin individu dengan target satu juz per tahun. Seiring dengan meningkatnya kemampuan membaca Al-Qur’an (tilawatul Qur’an), metode tersebut secara bertahap beralih ke metode tasmi’.
Metode pembelajaran yang digunakan melibatkan berbagai pendekatan, antara lain sensory engagement, role-playing, storytelling, problem solving, dan talqin/hafalan. Metode ini berorientasi pada pembelajaran aktif, ramah anak, dan menyenangkan, yang diharapkan dapat memberikan pembekalan keterampilan hidup (essential life skills).
Hal ini bertujuan untuk membekali, membentengi, dan mengarahkan anak sejak dini agar mampu bersaing di era globalisasi. Selain itu, metode pembelajaran berbasis eksperimen, riset, dan observasi (experimental learning dan observation method) juga diterapkan, terutama terkait dengan ilmu pengetahuan alam.
Selama proses pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas, guru diharapkan dapat menjadi panutan (role model), sehingga anak didik dapat lebih memahami esensi pembelajaran dan aplikasinya, baik dalam aspek aqidah, akhlak, ibadah, maupun muamalah sehari-hari. Kegiatan outing class juga dilakukan, seperti kunjungan ke rumah yatim piatu, panti jompo, rumah industri, peternakan, perkebunan, dan sebagainya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menginternalisasi nilai-nilai kehidupan dalam diri anak.
Staf pendidik di Sekolah Islam Daarul Ilmi adalah tenaga pendidik pilihan yang berkomitmen, kompeten, penyabar, dan berdedikasi dalam mendidik anak sesuai dengan kurikulum pendidikan yang diterapkan. Mereka juga memiliki akhlakul karimah dan merupakan lulusan dari perguruan tinggi terkemuka, seperti UI, IPB, UGM, UNNES, UNY, UNSRI, UNJ, UMJ, UPI Bandung, LIPIA, serta pondok pesantren yang bermanhaj Ahlus Sunnah (seperti Ibnu Taimiyah, Ihya-us Sunnah, Hidayatunnajah, dan lainnya).
Waktu Belajar
- Senin s.d. Jum’at, pukul: 07.00-11.00 WIB. (Kelas 1)
- Jum’at, pukul: 07.00-10.30 WIB. (Kelas 1)
- Senin s.d. Kamis, pukul: 07.00-13.15 WIB. (Kelas 2-6)
- Jum’at, pukul: 07.00-10.30 WIB. (Kelas 2-6)
PROGRAM SEKOLAH
Ekstrakurikuler (TPA, Badminton, Futsal, Taekwondo., Pembelajaran tambahan bagi siswa/i yang tertinggal pelajaran
Outing class, Cooking Class, Yaumu Tahaadu, Kegiatan pengamatan dan Sains, Pemeriksaan kesehatan, Panggung ceria, Parenting Class, Project with parent.
Outbound, Family Gathering, Market (Business) day