SMA slam Daarul Ilmi

Mencetak Generasi Shalih, Unggul, Cerdas, Terampil & Mandiri untuk Masa Depan

FILOSOFI SEKOLAH​

Generasi Alim
Generasi yang memiliki khazanah keilmuan yang luas, mampu bertindak berdasarkan ilmu, serta memiliki akhlak yang saleh, dimana perbuatan mereka senantiasa sejalan dengan ucapan.
Generasi Mandiri

Generasi yang memiliki tekad kuat untuk meraih prestasi terbaik melalui usaha yang penuh ketekunan, perencanaan matang, dan langkah-langkah bertahap dalam mewujudkan harapan.

Generasi Tangguh

Sikap dan karakter yang ditandai dengan ketahanan mental dan pantang menyerah. Ketika menghadapi tantangan, seseorang yang tangguh tidak mudah merasa puas atau putus asa.

Generasi Terampil
Generasi yang mampu melaksanakan tindakan, aktivitas, atau pekerjaan dengan cekatan, gesit, dan lincah, serta memiliki kemampuan untuk menemukan teknik bertindak yang sistematis

PROFILE SEKOLAH

Profile SMA Islam Daarul Ilmi

Pembelajaran di SMA Islam Daarul Ilmi Depok mengintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum pondok pesantren secara mandiri dan simultan. Tujuan utama dari pendekatan ini adalah untuk menanamkan manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah dalam aspek aqidah, ibadah, adab, akhlak, dan muamalah sejak muda.

Dengan cara ini, diharapkan para siswa tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan umum, tetapi juga membangun pemahaman yang kokoh serta menerapkan nilai-nilai kehidupan yang sejalan dengan ajaran Islam yang murni. Pembentukan karakter yang seimbang antara ilmu dunia dan akhirat menjadi landasan kuat bagi mereka untuk menjadi generasi yang bermanfaat, bertakwa, dan berakhlak mulia.

Visi Sekolah
Menjadi sekolah bermanhaj ahlussunnah yang menjadi rujukan dalam menghasilkan generasi yang shalih, cerdas, terampil, dan mandiri.

Misi Sekolah

  • Membentuk kepribadian muslim yang shahih, kuat, dan berakhlak mulia dengan pemahaman salafush shalih.
  • Mengembangkan kecerdasan majemuk dan keterampilan hidup (essential life skills) bagi peserta didik sesuai dengan tahap perkembangan dan potensi dalam diri mereka.
  • Mewujudkan sekolah yang ramah anak dan dalam koridor syari’at Islam yang sesuai dengan kebutuhan zaman.
  • Membentuk kepribadian anak yang sahih dan berakidah shahih dengan pembiasaan adab dan akhlak Islami serta sunnah sehari-hari dengan landasan pemahaman akidah yang shahih.
  • Mengidentifikasi dan mengembangkan potensi kecerdasan majemuk anak sesuai tahap perkembangan fisik, mental, dan psikologis.
  • Membantu anak mengenali diri sendiri, kemampuan, kelebihan, dan kelemahannya agar mampu bersikap bijak pada diri sendiri, terbentuk self control, kemampuan adaptasi terhadap keadaan penuh tekanan (stress) dan engaged learning.
  • Membantu anak berpikir kritis, logis, inovatif, kreatif, berani mengambil tantangan, bertanggung jawab (amanah) dan fokus, dalam bingkai iman dan aqidah yang shahih.
  • Membantu anak dalam mengembangkan potensi dan kapasitas diri dan sekaligus mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, menjalin hubungan dan bermuamalah dengan manusia dengan didasari akhlaqul karimah
  • Tahfidzul Qur’an SMP Islam Daarul Ilmi Depok 4 juz
  • Praktik ibadah
  • Integrasi pembelajaran di sekolah dan di rumah
  • Parenting session untuk mengevaluasi pencapaian
    perkembangan anak
  • Story telling
  • Evaluasi berkala mengenai profil minat, dan bakat
  • Pembentukan karakter dan akhlak yang mulia
  • Bahasa Arab
  1. Mampu berbahasa Arab dengan lancar dan benar beserta ilmu nahwu dan sharaf­nya
  2. Hafal minimal 4 juz dan memahami tafsir Al Qur’an Al­Karim (juz 30)
  3. Hafal dan memahami hadits Arbain An­Nawawiyah
  4. Memahami rukun iman dan pembatal­pembatal keislaman
  5. Memahami fiqh muamalah maaliyah (jual beli, ijarah, syirkah, wakalah,qardh, kafalah) dengan kitab madzhab Syafi’i
  6. Menguasai ilmu berhitung (Matematika), berbahasa (Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab), eksakta (Fisika, Biologi, Kimia) dan wawasan pengetahuan sosial (IPS)

Kurikulum SMA Islam Daarul Ilmi Depok terdiri dari tiga komponen utama, yaitu kurikulum umum, diniyah, dan Al-Qur’an. Kurikulum umum mengacu pada Kurikulum Nasional, termasuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013, yang disesuaikan dengan perkembangan psikologi murid.

Kurikulum diniyah disusun dan diterapkan secara independen, serta diintegrasikan dalam muatan kurikulum umum (termasuk bahasa, sosial, dan sains). Tujuannya adalah untuk menanamkan manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah dalam aspek aqidah, ibadah, akhlak, dan muamalah sejak muda.

Kurikulum Al-Qur’an terdiri dari dua komponen utama: tahfidzul Qur’an dan tilawatul Qur’an. Metode yang digunakan dalam tahfidzul Qur’an adalah talqin individu dengan target satu juz per tahun, yang kemudian berlanjut ke metode tasmi’ seiring dengan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an (tilawatul Qur’an).

Metode pembelajaran yang diterapkan mengutamakan keterlibatan indra (sensory engagement), bermain peran (role playing), bercerita (story telling), pemecahan masalah (problem solving), dan hafalan (drill). Metode-metode ini berorientasi pada pembelajaran yang aktif, ramah anak, dan menyenangkan, dengan tujuan memberikan keterampilan hidup yang penting (essential life skills), serta membekali, membentengi, dan mengarahkan siswa agar siap bersaing di era globalisasi.

Metode pembelajaran berbasis eksperimen, riset, dan observasi/pengamatan (experimental learning dan observation method) juga digunakan, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan alam.

Selama proses pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas, guru di SMA Islam Daarul Ilmi Depok diharapkan menjadi panutan (role model) bagi siswa, agar mereka lebih memahami esensi pembelajaran dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam aspek aqidah, akhlak, ibadah, dan muamalah. Kegiatan outing class juga diadakan, seperti kunjungan ke rumah yatim piatu, panti jompo, rumah industri, peternakan, dan perkebunan/pertanian, untuk menginternalisasi nilai-nilai kehidupan dalam diri siswa.

Staf pendidik di Sekolah Islam Daarul Ilmi adalah para pendidik pilihan yang berkomitmen, kompeten, penyabar, dan berdedikasi. Mereka tidak hanya memiliki akhlakul karimah, tetapi juga lulusan dari perguruan tinggi terkemuka (seperti UI, IPB, UGM, UNNES, UNY, UNSRI, UNJ, UMJ, UPI Bandung, dan lainnya), LIPIA, serta pondok pesantren bermanhaj Ahlussunnah (seperti Ibnu Taimiyah, IhyausSunnah, Hidayatunnajah, dan lain-lain).

  • Waktu Belajar di SMA Islam Daarul Ilmi Depok
    Senin s.d. Jum’at, pukul: 07.00-16.00 WIB.

PROGRAM SEKOLAH

Program Harian
  1. Mufrodat dan hiwar seru
  2. Shobahiyah (pembiasaan ibadah;dzikir pagi; sholat dhuha)
  3. Sholat dzuhur dan Ashar berjamaah
  4. Piket kelas
Program Pekanan
  1. Sholat Jumat berjamaah
  2. Apel pagi
  3. Ekstrakurikuler
  4. Kaderisasi dan Pembinaan Al Quran
  5. Sholat Jum'at berjamaah
Program Bulanan
  1. Outing Class
  2. Cooking Class
  3. Yaumu Tahaadu
  4. Kegiatan Pengamatan dan Sains
  5. Berkebun dan Green Living
  6. Field Trip
  7. Pemeriksaan kesehatan
  8. Panggung Ceria
  9. Parenting Class
  10. Project with parent
  11. Bank Sampah Sekolah
Program Tahunan

Outbound, Family Gathering, Market (Business) day

Lokasi Kami

SMA Islam Daarul Ilmi