SMP Islam Daarul Ilmi
Mencetak Generasi Alim, Cerdas, Terampil, Inovatif, Visioner & Penuh Empati (ACTIVE) untuk Masa Depan
FILOSOFI SEKOLAH
Membentuk kebiasaan ibadah yang benar sejak usia dini, dengan menekankan kesesuaian setiap tindakan dengan tuntunan Nabi ﷺ.
Mandiri adalah sikap dan kemampuan untuk mengelola diri dengan bijaksana, baik dalam aspek pribadi maupun sosial
Sikap dan karakter yang ditandai dengan ketahanan mental dan pantang menyerah. Ketika menghadapi tantangan, seseorang yang tangguh tidak mudah merasa puas atau putus asa.
PROFILE SEKOLAH
Profile SMP Islam Daarul Ilmi
Profile
Pembelajaran di SMP Islam Daarul Ilmi Depok mengintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum pondok pesantren secara mandiri dan simultan. Hal ini bertujuan agar sejak dini, para siswa dapat menanamkan manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah dalam aspek aqidah, ibadah, adab, akhlak, serta muamalah.
Dengan pendekatan ini, diharapkan para siswa tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan umum, tetapi juga memiliki pemahaman yang kokoh dan praktik kehidupan yang selaras dengan ajaran Islam yang murni.
Visi & Misi
Visi Sekolah
Menjadi sekolah bermanhaj ahlussunnah yang menjadi rujukan dalam menghasilkan generasi yang shalih, cerdas, terampil, dan mandiri.
Misi Sekolah
- Membentuk kepribadian muslim yang shahih, kuat, dan berakhlak mulia dengan pemahaman salafush shalih.
- Mengembangkan kecerdasan majemuk dan keterampilan hidup (essential life skills) bagi peserta didik sesuai dengan tahap perkembangan dan potensi dalam diri mereka.
- Mewujudkan sekolah yang ramah anak dan dalam koridor syari’at Islam yang sesuai dengan kebutuhan zaman.
Tujuan Sekolah
- Membentuk kepribadian anak yang sahih dan berakidah shahih dengan pembiasaan adab dan akhlak Islami serta sunnah sehari-hari dengan landasan pemahaman akidah yang shahih.
- Mengidentifikasi dan mengembangkan potensi kecerdasan majemuk anak sesuai tahap perkembangan fisik, mental, dan psikologis.
- Membantu anak mengenali diri sendiri, kemampuan, kelebihan, dan kelemahannya agar mampu bersikap bijak pada diri sendiri, terbentuk self control, kemampuan adaptasi terhadap keadaan penuh tekanan (stress) dan engaged learning.
- Membantu anak berpikir kritis, logis, inovatif, kreatif, berani mengambil tantangan, bertanggung jawab (amanah) dan fokus, dalam bingkai iman dan aqidah yang shahih.
- Membantu anak dalam mengembangkan potensi dan kapasitas diri dan sekaligus mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, menjalin hubungan dan bermuamalah dengan manusia dengan didasari akhlaqul karimah
Program Unggulan
- Tahfidzul Qur’an SMP Islam Daarul Ilmi Depok 4 juz
- Praktik ibadah
- Integrasi pembelajaran di sekolah dan di rumah
- Parenting session untuk mengevaluasi pencapaian
perkembangan anak - Story telling
- Evaluasi berkala mengenai profil minat, dan bakat
- Pembentukan karakter dan akhlak yang mulia
- Bahasa Arab
Target Kelulusan
- Mampu berbahasa Arab dengan lancar dan benar beserta ilmu nahwu dan sharafnya
- Hafal minimal 4 juz dan memahami tafsir Al Qur’an AlKarim (juz 30)
- Hafal dan memahami hadits Arbain AnNawawiyah
- Memahami rukun iman dan pembatalpembatal keislaman
- Memahami fiqh muamalah maaliyah (jual beli, ijarah, syirkah, wakalah,qardh, kafalah) dengan kitab madzhab Syafi’i
- Menguasai ilmu berhitung (Matematika), berbahasa (Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab), eksakta (Fisika, Biologi, Kimia) dan wawasan pengetahuan sosial (IPS)
Kurikulum
Kurikulum SMP Islam Daarul Ilmi Depok terdiri dari tiga komponen, yakni kurikulum umum, diniyah, dan Al-Qur’an. Kurikulum umum mengacu pada Kurikulum Nasional yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan psikologi perkembangan anak.
Kurikulum diniyah disusun dan diaplikasikan secara independen, dan juga secara simultan yang dimasukkan dalam muatan kurikulum umum (baik bahasa, sosial maupun sains) untuk menanamkan manhaj ahlussunah dalam aqidah, ibadah, akhlak, dan muamalah sejak dini.
Kurikulum Al-Qur’an terdiri dari 2 komponen, yakni: tahfidzul Qur’an dan tilawatul Qur’an. Tahfidzul Qur’an menggunakan metode talqin individu dengan target satu juz dalam satu tahun, dan secara bertahap berpindah ke metode tasmi’ seiring dengan meningkatnya kemampuan membaca Al-Qur’an (tilawatul Qur’an).
Dalam kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran yang di gunakan melibatkan sensori (sensory engagement), bermain peran (role playing), bercerita (story telling), pemecahan masalah (problem solving) dan talqin/hafalan (drill).
Metode pembelajaran tersebut berorientasi pada proses pembelajaran aktif, ramah anak dan menyenangkan sehingga diharapkan mampu memberi pembekalan keterampilan hidup yang penting (essential life skills), terutama dalam membekali, membentengi, dan mengarahkan anak sejak dini untuk mampu bersaing di era globalisasi. Experimental learning dan observation method digunakan sebagai pelengkap dalam metode pembelajaran berbasis eksperimen, riset dan observasi/pengamatan, terutama terkait dengan ilmu pengetahuan alam.
Selama proses pembelajaran baik didalam maupun di luar kelas, guru dituntut untuk menjadi panutan (role model) agar anak didik lebih memahami esensi pembelajaran, dan tentu saja aplikasi yang seharusnya, baik dalam aqidah, akhlak, ibadah dan muamalah sehari-hari. Outing class juga dilakukan seperti kunjungan ke rumah yatim piatu, panti jompo, rumah industri, peternakan, perkebunan/pertanian dan sebagainya. Semua ini dilakukan dalam rangka menginternalisasi nilai-nilai kehidupan dalam diri anak.
Staf pendidik di Sekolah Islam Daarul Ilmi adalah pendidik pilihan, berkomitmen, kompeten, penyabar,
dan berdedikasi dalam membina dan mendidik anak sesuai kurikulum pendidikan yang digunakan dan memiliki akhlakul karimah, seperti lulusan dari perguruan tinggi terkemuka (UI, IPB, UGM,UNNES, UNY, UNSRI, UNJ, UMJ, UPI-Bandung, dan,lainnya), LIPIA, dan dari pondok pesantren bermanhaj ahlus sunnah (Ibnu Taimiyah, IhyausSunnah, Hidayatunnajah, dan lainnya).
Waktu Belajar
Waktu Belajar di SMP Islam Daarul Ilmi Depok
Senin s.d. Jum’at, pukul: 07.00-16.00 WIB.
PROGRAM SEKOLAH
- Mufrodat dan hiwar seru
- Shobahiyah (pembiasaan ibadah;dzikir pagi; sholat dhuha)
- Sholat dzuhur dan Ashar berjamaah
- Piket kelas
- Sholat Jumat berjamaah
- Apel pagi
- Ekstrakurikuler
- Kaderisasi dan Pembinaan Al Quran
Sholat jumat berjamaah
- Outing Class
- Cooking Class
- Yaumu Tahaadu
- Kegiatan Pengamatan dan Sains
- Berkebun dan Green Living
- Field Trip
- Pemeriksaan kesehatan
- Panggung Ceria
- Parenting Class
- Project with parent
- Bank Sampah Sekolah
Outbound, Family Gathering, Market (Business) day