TK Islam Daarul Ilmi

Pendidikan berkualitas dimulai dengan CINTA (Cerdas, Interaktif, Taqwa, Akhlak Mulia) sebagai fondasi utama

FILOSOFI SEKOLAH​

CERDAS

Menekankan pentingnya pengembangan kemampuan kognitif anak, seperti berpikir kritis, memecahkan masalah dan kreativitas.

INTERAKTIF

Menerapkan pembelajaran yang aktif dan penuh keceriaan, di mana anak-anak dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

TAQWA

Menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini, agar anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa.

AKHLAQ MULIA

Membangun karakter yang kuat dan penuh kebaikan, dengan menanamkan nilai-nilai jujur, disiplin, sopan santun dan tanggung jawab.

PROFILE SEKOLAH

Profile TK Islam Daarul Ilmi

Untuk pembelajaran di TK Islam Daarul Ilmi Depok, integrasi kurikulum nasional dan kurikulum diniyah dimungkinkan dengan penggunaan tema dan sistem integrasi dalam proses pembelajaran (integrated-tematic curriculum system)

Dalam kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran yang di guna- kan melibatkan sensori (sensory engagement), bermain peran (roleplaying), bercerita (storytelling), pemecahan ma salah (problem solving) dan talqin/hafalan (drill).

Metode pembelajaran tersebut ber orien tasi pa da proses pembelajaran aktif, ramah anak dan menyenangkan sehingga diha rapkan mampu mem beri pem bekalan keteram- pilan hidup yang penting (essen tial life skills), terutama dalam membekali, mem bentengi, dan mengarahkan anak sejak dini untuk mampu bersaing di era globalisasi.

Experimental learning dan observation method digunakan sebagai pelengkap dalam metode pembelajaran ber basis eksperimen, riset dan observasi/pengamatan, teru tama terkait dengan ilmu pengetahuan alam.

Selama proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas, guru dituntut untuk menjadi panutan (role model) agar anak didik lebih memahami esensi pembelajaran, dan tentu saja aplikasi yang seha rusnya baik dalam aqidah, akhlak, ibadah dan muamalah sehari-hari.

Outing class juga dilakukan seperti kunjungan ke rumah yatim piatu, panti jompo, rumah in dustri, peternakan, perkebunan/pertanian dan sebagainya. Semua ini dilakukan dalam rangka menginternalisasi nilainilai kehidupan dalam diri anak.

Visi Sekolah
Menjadi sekolah bermanhaj ahlussunnah yang menjadi rujukan dalam menghasilkan generasi yang shalih, cerdas, terampil, dan mandiri.

Misi Sekolah

  • Membentuk kepribadian muslim yang shahih, kuat, dan berakhlak mulia dengan pemahaman salafush shalih.
  • Mengembangkan kecerdasan majemuk dan keterampilan hidup (essential life skills) bagi peserta didik sesuai dengan tahap perkembangan dan potensi dalam diri mereka.
  • Mewujudkan sekolah yang ramah anak dan dalam koridor syari’at Islam yang sesuai dengan kebutuhan zaman.
  • Membentuk kepribadian anak yang sahih dan berakidah shahih dengan pembiasaan adab dan akhlak Islami serta sunnah sehari-hari dengan landasan pemahaman akidah yang shahih.
  • Mengidentifikasi dan mengembangkan potensi kecerdasan majemuk anak sesuai tahap perkembangan fisik, mental, dan psikologis.
  • Membantu anak mengenali diri sendiri, kemampuan, kelebihan, dan kelemahannya agar mampu bersikap bijak pada diri sendiri, terbentuk self control, kemampuan adaptasi terhadap keadaan penuh tekanan (stress) dan engaged learning.
  • Membantu anak berpikir kritis, logis, inovatif, kreatif, berani mengambil tantangan, bertanggung jawab (amanah) dan fokus, dalam bingkai iman dan aqidah yang shahih.
  • Membantu anak dalam mengembangkan potensi dan kapasitas diri dan sekaligus mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, menjalin hubungan dan bermuamalah dengan manusia dengan didasari akhlaqul karimah
  • Mengembangkan pribadi yang shalih, cerdas, unggul, mandiri, dan berakhlak mulia melalui pembelajaran aktif berbasis literasi dan STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics) dengan memadukan materi diniyah, tahfidz, dan pengetahuan umum.
  • Enam program unggulan: cooking class, reading with parent, class with parent, ketangkasan, practical life skills, dan arts.
  • Pembiasaan mufrodat dan percakapan bahasa arab sederhana.
  • Kegiatan rutin bulanan: cooking class, reading with parent, yaumu tahaadu, class with parent, unjuk kebolehan siswa, dan praktik fikih ibadah.
  • Parenting session rutin untuk pembekalan orangtua, refleksi dan evaluasi perkembangan peserta didik, serta menyamakan visi misi sekolah dan rumah.
  • Evaluasi berkala terhadap minat, bakat, dan perkembangan peserta didik.
  1. Berkembangnya sensorimotorik (kasar dan halus), sosial kemandirian,
    komunikasi, kognitif, pengendalian emosi, adab dan akhlak Islami
  2. Hafal 144 kosakata bahasa Arab sederhana
  3. Mampu mempraktekkan adab dan akhlak Islami sehari-hari
  4. Hafal AlQuran AlKarim minimal 2 Juz
  5. Mampu mengenali gerakan wudhu dan sholat
  6. Hafal 36 do’a dan dzikir sehari-hari yang sesuai sunnah

Kurikulum TK Islam Daarul Ilmi Depok terdiri dari tiga komponen, yakni kurikulum umum, diniyah, dan Al-Qur’an. Kurikulum umum mengacu pada Kurikulum Nasional yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan psikologi perkembangan anak.

Kurikulum diniyah disusun dan diaplikasikan secara independen, dan juga secara simultan yang dimasukkan dalam muatan kurikulum umum (baik bahasa, sosial maupun sains) untuk menanamkan manhaj ahlussunah dalam aqidah, ibadah, akhlak, dan muamalah sejak dini.

Kurikulum Al-Qur’an terdiri dari 2 komponen, yakni: tahfidzul Qur’an dan tilawatul Qur’an. Tahfidzul Qur’an menggunakan metode talqin individu dengan target satu juz dalam satu tahun, dan secara bertahap berpindah ke metode tasmi’ seiring dengan meningkatnya kemampuan membaca Al-Qur’an (tilawatul Qur’an).

Dalam kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran yang di gunakan melibatkan sensori (sensory engagement), bermain peran (roleplaying), bercerita (story telling), pemecahan masalah (problem solving) dan talqin/hafalan.

Metode pembelajaran tersebut berorientasi pada proses pembelajaran aktif, ramah anak dan menyenangkan sehingga diharapkan mampu memberi pembekalan keterampilan hidup yang penting (essen tial life skills), terutama dalam membekali, membentengi, dan mengarahkan anak sejak dini untuk mampu bersaing di era globalisasi. 

Experimental learning dan observation method digunakan sebagai pelengkap dalam metode pembelajaran berbasis eksperimen, riset dan observasi/pengamatan, terutama terkait dengan ilmu pengetahuan alam.

Selama proses pembelajaran baik didalam maupun di luar kelas, guru dituntut untuk menjadi panutan (role model) agar anak didik lebih memahami esensi pembelajaran, dan tentu saja aplikasi yang seharusnya, baik dalam aqidah, akhlak, ibadah dan muamalah sehari-hari. Outing class juga dilakukan seperti kunjungan ke rumah yatim piatu, panti jompo, rumah industri, peternakan, perkebunan/pertanian dan sebagainya. Semua ini dilakukan dalam rangka menginternalisasi nilai-nilai kehidupan dalam diri anak.

Staf pendidik di Sekolah Islam Daarul Ilmi adalah pendidik pilihan, berkomitmen, kompeten, penyabar,
dan berdedikasi dalam membina dan mendidik anak sesuai kurikulum pendidikan yang digunakan dan memiliki akhlakul karimah, seperti lulusan dari perguruan tinggi terkemuka (UI, IPB, UGM,UNNES, UNY, UNSRI, UNJ, UMJ, UPI-Bandung, dan,lainnya), LIPIA, dan dari pondok pesantren bermanhaj ahlus sunnah (Ibnu Taimiyah, Ihya-us Sunnah, Hidayatunnajah, dan lainnya).

  • Senin s.d. Kamis, pukul: 08.00-10.00 WIB

PROGRAM SEKOLAH

Program Harian
Di jadwal harian terdapat Pendidikan Lingkungan Hidup (Gardening, Operasi Semut), Baris Berbaris-Senam Pagi, Muroja'ah, Dzikir Pagi, Shalat Dhuha, Tahfidz, Pembelajaran Diniyah-Umum, dan Belajar Iqro di hari Jum'at. 
Program Pekanan

Cooking Class (Pekan I), Yaumu Tahaddu (Pekan II), Reading With Parent (Pekan II), Class With Parent (Pekan III), Unjuk Kebolehan Siswa (Pekan IV).  

Program Bulanan

Outing Class, Cooking Class, Yaumu Tahaadu, Kegiatan Pengamatan Dan Sains, Berkebun & Green Living, Field Trip, Renang, Pemeriksaan Kesehatan, Panggung Ceria, Parenting Class, Project With Parent, Bank Sampah Sekolah.

Program Tahunan

Outbound, Family Gathering, Market (Business) day

Lokasi Kami

TK Islam Daarul Ilmi